Thursday, October 24, 2013

Oktober !


Seneng banget bisa balik nulis lagi disini. Sudah lamaaa sekali nggak menyempatkan buat menulis. Sewajarnya mahasiswa tingkat akhir lainnya, aku juga berurusan sama namanya skripsi. Keinginan untuk nulis jadi hilang deh. 

Alhamdulilah, dibelakang nama udah resmi punya title. Bira Adani, S. T. Seneng. Banget. Rasanya kaya keluar dari gua. Sekitar 8 bulan ngerjain si skripsi ini mulai dari mencari tema, manyusun proposal, ngumpulin data, mengolah data, menulis laporan, bikin isi kesimpulan. Proses yang lumayan panjang dan (kadang) melelahkan. Target untuk sidang di bulan September memang nggak tercapai tapi seenggaknya di bulan itu udah selesai tinggal revisi dan perbaikan terus menerus disana sini daan akhirnya bisa sidang di bulan Oktober.

Kuliah itu menyenangkan kok, kalo misalnya bisa diulang aku juga mau. Tapi nggak usah pake ngerjain skripsi deh soalnya beneran investasi waktu, energy, pikiran, semua buat si skripsi. Bikin stress dan capek. Kalo udah capek biasanya sih dihabisin buat seharian full nggak nyentuh skripsi sama sekali, seharian cuma buat nonton tv, tiduran, bolak balik kulkas cari cemilan, apalagi kalo udah ketemu hari sabtu, ketemu sama mas pacar, itu doang udah bikin seneng bikin fresh lagi. Di waktu-waktu mengerjakan skripsi ini bahagia itu sederhana banget kan buat aku.

Perjalanan panjang mulai dari cari topik, menyusun kuesioner, cari data nyebar kuesioner meminta bantuan temen, bapak, ibu, om, tante, bude, pakde, buat bantuin cari responden kuesioner. Sekitar satu setengah bulan setelah data terkumpul barudeh diolah. Olah data juga panjaaaang mulai dari cari metode yang sesuai, belajar cara menggunakan software buat olah data, menginterpretasikan apa hasilnya. Ada masa masa dimana aku cuma setor muka ketika belum ada progress apa-apa pas bimbingan rutin. Yang penting pak pembimbing tau ini anaknya satu nggak ngumpet nggak sembunyi nggak ilang kok. Duh pak pembimbing ini emang baik banget, disaat mahasiswa lain kesulitan cari pembimbingnya dimana berada, pak pembimbing rutin sms ke mahasiswanya kalo ada bimbingan. sweet banget. Masa nangis sedih udah dari semester 7, yang akhirnya diakhiri dengan ganti dosen pembimbing. Mungkin emang nggak cocok sama pembimbing jadi nggak pernah ketemu solusi ditengah. Banyak banget ceritanya lah kalo berhubungan dengan skripsi.

Dukungan dari orang-orang terdekat juga jadi semangat buat tetep konsisten berkutat di depan laptop demi menyelesaikan skripsi. Alhamdulilah temne-temen terdekat selama kuliah ini udah pada lulus semua. Bersembilan. Yang 6 orang udah wisuda di bulan agustus kemaren, dan 3 orang termasuk aku bakalan wisuda di November besok :) makasih kepada semua pihak yang sudah mendukung, memberi semangat, mendoakan, hingga akhirnya si skrpsi tersayang selesai juga.

Skripsi emang susah, adaaa aja hambatan dan rintangannya. Mulai dari ngelawan rasa males, topik yang baru dan sulit, pembimbing yang susah ditemui, dan lain-lainnya. kalo lagi skripsian suka serem sama waktu, eh udah bulan Juli sekarang, trus nggak lama, wah udah September sekarang. Tetep semangat, konsisten mengerjakan, dan doa. Karena emang itu udah jadi kewajiban buat kita agar bisa menyelesaikan studi. Perjalanan masih panjang. Urusan birokrasi sebelum sidang udah ribet, sekarang pun setelah sidang dan akan wisuda (tetep) aja ribet. Akhirnya selesai juga kok kalo dijalani. Okelah sekarang udah keluar dari gua kegelapan, tapi kayanya bakal masuk ke mulut harimau deh. Bersaing dengan lainnya untuk kerja. Welcome to the real world, dear. pelan-pelan dijalani aja prosesnya. Untuk sekarang sih, sementara, pengen mengistirahatkan otak dulu sampai wisuda besok sambil apply kerja. Capek cuy berbulan-bulan utek-utek sama data, angka, jurnal, statistika, de el el de el el. Tetep semangat yaa yang sedang menjalani skripsi ! kalo udah selesai endingnya manis kok :)


love, bira

No comments:

Post a Comment