Wednesday, December 3, 2014

GMF aeroasia

GMF AeroAsia. Garuda Maintenance Facility AeroAsia. Garuda Teknik. Bengkel Pesawat. Atau apapun sebutannya. Adalah MRO (maintenance, repair, overhaul) yang berpusat di cengkareng, soekarno hatta. Kemarin pas pantauan akhir alias wawancara sama direktur dan vice presiden sebelum pengangkatan ditanya, “kenapa kamu memilih GMF ?” dan dengan simpelnya seenak jidat bilang “awalnya nggak kepikiran sama sekali pak, tapi terus berasa keren aja pak kayanya ngurusin pesawat besar-besar”. Sangat dangkal sekali.

Bulan ini sudah diangkat jadi karyawan tetap, alhamdulilah. Masih nunggu surat keputusannya sih sampai sekarang. Jadi disini ada banyak unit, atau bagian. Tiap tiap unit punya sebutan masing masing. Misalnya yang mengurus masalah human capital itu unit TH. Unit yang ngurusin komponen pesawat itu TC. Learning center itu TW. Di line maintenance disebutnya TL. Di base maintenance itu TB. Daaaan masih banyak banget ada dua puluhan gitu kalau nggak salah. TA, TB, TC, TD, TE, TH, TL, TM, TN, TP, TQ, TS, TV, TW, TX, TZ, DCF, DCK, dan lain-lain lupa. Tiap unit tersebut pun masih dibagi-bagi ke unit unit yang lebih kecil. Misalnya nih ditempatku, untuk TC terbagi jadi beberapa TC, ada TCW, TCY, TCE, TCA. Gedungnya beda-beda, tapi sebelah-sebelahan sih. Awal disini bingung banget karena emang susunan organisasinya yang gedee banget dan banyak unit. Tapi lama-lama juga hapal dengan sendirinya kok.

Aku sendiri saat ini ditempatkan di unit komponen shop, atau TC, lebih tepatnya TCW. Di shop wheel, brake, dan landing gear. Shop disini maksudnya lantai produksi ya, bukan toko. jadi disini bengkelnya roda ban, rem, sama kakinya pesawat. ini pasti diomelin sama pegawai senior kalo nyebutnya “ban” atau “kaki”, wheel dan landing gear sebenernya. Total di unit ini ada 60 an orang, tapi pegawai di bagian supporting yang beneran duduk di kantor depan komputer paling seperempatnya sih. Yang lainnya di bagian produksi termasuk teknisi, certifying staff, dan manager produksi. Oh iya diantara 60 an orang itu, aku wanita sendirian. Literally sendiri dan satu-satunya. Jadi berasa punya toilet beneran pribadi di lantai atas dan bawah. Kalau dihitung ada 5 kloset tapi yang make cuma satu orang. Suka kesepian sih, makanya kalo jenuh ketemu bapak bapak mas mas apa teknisi teknisi yang itu itu lagi biasanya pas istirahat kabur ke gedung sebelah cari temen. Soal kerjaan ya sewajarnya sih nggak terlalu di push, masuk jam setengah 8 pulang setengah 5, dan biasanya paling lama ngaret pulang cuma sejam, nggak pernah ampe lembur malam.

Senengnya sih, ada beberapa training atau kegiatan wajib buat pegawai baru. Jadi nambah pengalaman dan nambah temen deh. Salah satunya kegiatan SAMAPTA di setukpa polri, Sukabumi. Sepuluh hari dididik sama polisi. Lari tiap subuh pagi siang sore malam, diisi kegiatan fisik dan materi materi pelajaran. Tidur sehari cuma tiga atau empat jam selama sepuluh hari. Tanpa ada komunikasi dengan dunia luar. Seru sih, tapi udah deh cukup sekali aja kalo ditawari lagi. Nggak begitu suka sama kegiatan fisik ditengah terik matahari ah.
peralatan wajib yang harus menempel di tubuh

Oh iya baru kemaren sabtu-minggu ada family gathering. Rame dan seru. Berhubung isinya sebagian besar adalah lelaki jadinya ramai rusuh seru deh. Untung ada istri/anak/ibu/pacar dari temen temen sekantor, jadi nggak cewek sendirian.


 famgath TCW di puncak

semua harus basah tanpa terkecuali

Karena lama nggak menulis disini, begitulah sekilas tentang tempat kerja :) kapan-kapan dilanjut lagi.

*update*
21 Oktober 2016

Saya bahagia kerja disini, dengan jam kerja normal dari jam 7 pagi hingga 4 sore. paling ngaret magrib sudah sampai di kosan. Baru 2 setengah tahun saya bekerja disini. Sudah memakai jatah tiket konsesi ke jepang (cuti tahun pertama) dan ke eropa (cuti tahun kedua). Banyak pengalaman selama bekerja disini, sebagai anak fresh grad dan mendapatkan pekerjaan pertama disini (pernah sih kerja sebelumnya selama sebulan di perusahaan lain, tapi itu nggak bisa dianggap kerjaan deh :p ). Saya sudah diputar ke beberapa unit selama 2 tahun ini, namun pekerjaannya tetap sama, mengurusi pembelian material.

Untuk orang yang ingin hidup selo dan tenang serta rutinitas yang teratur dengan gaji bulanan yang lumayan kerja disini akan membahagiakan. Menurut saya, sangat cocok untuk ibu ibu yang ingin bekerja di kantor. Tapi jika ingin tantangan yang lebih dan dinamis, akan lebih cocok ditempat lain. Jika melihat teman-teman seangkatan lainnya yang pekerjaannya sangat dinamis, lembur sampai malam, target yang harus dipenuhi, pekerjaan dengan penuh drama di dalam kantor, di GMF hal seperti itu mungkin akan jarang ditemui. Ya kecuali para bos bos, mereka mungkin memang punya tanggung jawab lebih sehingga pasti sibuk. Untuk saya yang masih anak baru dan junior ini, kesibukan tersebut jarang melebihi jam kantor. tapi tergantung juga sih, banyak anak baru yang mendapat project dan menjadi superr sibuk. makanya itu tergantung penempatan kalian dimana dan bos kalian siapa. GMF mempunyai karyawan sekitar 3000 orang (iya, memang sebanyak itu) dan tempat kerja yang sangaaaat luas (hanggar 1, 2, 3 dan yang terbaru hanggar 4). Jika kalian ditempatkan di hanggar 4 dijamin lebih sehat karena jarak yang jauh jika berjalan kaki.


Love,
Bira



13 comments:

  1. heheheh assalamualaikum kak...mau tanya kalo posisi component technichian..itu kerjanya ngapain....dan konsentrasi posisi itu apa ya..????

    ReplyDelete
  2. Kak, boleh tanya bagaimana masuk magang di GMF ?
    Semoga kaka mau sharing ilmunya ke saya.
    Line saya : sayramajr

    ReplyDelete
  3. Assalamu'alaikum kak. Boleh minta contact personnya?

    ReplyDelete
  4. Kak, titip info ya. Jika ada yg butuh kos, masih ada kamar di Aero Residence. Fasilitas/kamar itu ac, kamar mandi dalam, springbed, lemari dan cuci strika. Tersedia wifi dan tv kabel di ruang tv, dapur, carport. Harga sewa/kamar/bulan 1.1jt. Lokasi ada diseberang pintu m1, di komplek bandaramas dekat dengan gmf. Hubungi 0856 9119 0750 atau 0812 965 7844. Terima kasih.

    ReplyDelete
  5. Mbak, klo boleh tau nuit kerja tlc itu bagian apa mbak?

    ReplyDelete
  6. Kak, titip info ya. Jika ada yg butuh kos, masih ada kamar di Aero Residence. Fasilitas/kamar itu ac, kamar mandi dalam, springbed, lemari dan cuci strika. Tersedia wifi dan tv kabel di ruang tv, dapur, carport. Harga sewa/kamar/bulan 1.1jt. Lokasi ada diseberang pintu m1, di komplek bandaramas dekat dengan gmf. Hubungi 0812 1010 976. Terima kasih.

    ReplyDelete
  7. Kak boleh minta cp nya buat nanya nanya?
    Line :mustikaamf

    ReplyDelete
  8. Enjoying first step, perhaps not following your Senior like me running away abroad after several years.

    ReplyDelete