Friday, January 1, 2016

Wisata di Kalimantan Selatan !

Kemudian ada lagi libur may day alias hari buruh yang jatuh pada tanggal 1 May. Karena jatuh di hari jumat maka ada 3 hari libur lagi deh jumat-minggu. Maklum anak baru kerja belum setahun jadi belum dapat cuti kerja. Mau liburan ya pake hari libur yang mepet sama weekend gini deh.

Jumat-sabtu-minggu. Jumat pagi terbang dengan pesawat menuju ke banjar baru. CGK-BDJ ditempuh kurang dari 2 jam perjalanan di udara. Sampai disana sudah dijemput temen untuk berkeliling di kota ini. Kenapa memilih kota ini? Iseng pengen tau ibukota, ada temen disana buat jadi guide, dan pas ada tiket murah. Yasudah deh cuss pergi kesana.

Jumat siang kita cari makan siang dulu itik gambut. Sebenernya ini makanan nasi hangat dan itik yang dibumbui seperti biasa. Tapi memang rasanya enak. Nama itik gambut mungkin diambil dari wilayah disekitarnya yang bertanah gambut. Setelah makan siang, kita berjalan di tepi sungai melihat kehidupan di kota seribu sungai ini. Karena hotel tempat menginap baru bisa ditempati sore hari, maka kami berjalan dahulu ke bukit teletubbies. Nama aslinya sih bukit rimpi, tapi karena bentuknya seperti bukit yang ada di serial televisi teletubbies maka disebut bukit teletubbies. Perjalanan kesana cukup jauh, menempuh 2 jam dengan motor. Sempat mampir juga ke beberapa menara pandang untuk melihat kota dari atas. Tapi karena kebanyakan adalah hutan sawit maka sepanjang mata melihat hijau semua.
Bukit teletubies

Naik ke bukit teletubbies cukup jauh, usahakan menggunakan sepatu yang nyaman atau sandal gunung  mungkin lebih baik. Pemandangan diatas bagus sekali. Setelah dari bukit, baru menuju hotel untuk istirahat. Kalau si temen kerja di Banjarmasin jadi dia pulang ke kosannya. Malam dia menjemput lagi untuk makan malam karena perut memang sudah lapar. Lontong sayur banjar ! tampilannya saja menggiurkan. Tapi karena porsi yang cukup besar maka tidak habis sepiring.

ini enak bangets

Keesokan harinya kita pergi menjelajah jalan untuk menuju ke bekas pertambangan. Pemandangan disana sangat biru menyegarkan mata. Jadi dulu tempat ini bekas tambang karena tidak ditimbun kembali jadi tertampung air hujan. Dan entah karena ada zat kimia dari tambang atau kenapa, air disini jadi berwarna biru sangat bagus dikelilingi tanah galian.

airnya warna biru, kalo liat aslinya bagus banget

Setelah itu kami makan siang di pastagio, aslinya pastagio ini dari jogja lalu membuka cabang di kota banjar baru ini. Tempatnya lebih bagus disini, ada kolam renang juga di dalam restaurannya. Ketika itu ada beberapa anak kecil yang berenang, sedangkan orang tuanya menunggu di pinggir kolam sambil makan siang.

Setelah perjalanna panjang itu kami menuju ke sungai martapura. Disana ada pasar apung yang besar. Banyak sekali penjual makanan yang berdagang. Disini juga ada kapal klotok untuk berkeliling sungai. Cukup dengan lima ribu rupiah bisa naik kapal keliling sungai melihat pemandangan di sekitar sungai.

Naik kapal klotok di anak sungai Barito

Pasar apung, ramai banget

Keesokan harinya menuju pulau kembang. Pulau ditengah sungai barito. Jadi untuk menuju kesana harus dengan kapal. Pulau ini adalah habitat kera. Banyak sekali kera disini ada ratusan mungkin. Tapi mereka jinak. Setelah paus berjalan jalan di pulau itu lalu kembali ke kota untuk berisitirahat dan packing karena sore harus sudah di airport untuk terbang kembali ke tangerang.

Lagi cari kutu temennya :))

Pulau kembang

geng banjar


Momen liburan seperti ini sangat menyenangkan, bisa merefresh pikiran, bisa membuka pengetahuan baru, mendapatkan pengalaman yang sebelumnya belum pernah diketahui.

Jadi, marilah jalan jalan :)

Love,
Bira

No comments:

Post a Comment